Visi

“Terwujudnya Sragen Yang Handal, Proaktif dan Produktif serta Peduli Lingkungan, dengan menekankan pada Pemberdayaan Masyarakat”.

Misi

  1. Mewujudkan kebijakan pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup terintegrasi, guna mendukung tercapainya pembangunan berkelanjutan dengan menekankan pada ekonomi hijau.
  2. Melaksanakan koorniasi dan kemitraan dalam rantai nilai proses pembangunan untuk mewujudkan integrasi, sinkronisasi antara ekonomi dan ekologi dalam pembangunan berkelanjutan.
  3. Mewujudkan pencegahan kerusakan dan pengendalian pencemaran sumber daya alam dan lingkungan hidup dalam rangka pelestarian fungsi Lingkungan Hidup.
  4. Melaksanakan tata kelola pemerintah yang baik serta mengembangkan kapasitas kelembagaan dalam pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup secara terintegrasi.
  5. Mewujudkan Kabupaten Sragen menjadi kota yang bersih, rapi dan indah.
  6. Mewujudkan lingkungan kota Sragen yang nyaman dan teduh.
  7. Mewujudkan kota Sragen yang inovatif dalam pengelolaan lingkungan.

TUJUAN

Terwujudnya Pembangunan Kabupaten Sragen berdasarkan pembangunan berkelanjutan dengan penekanan pada pemberdayaan masyarakat untuk menahan laju kemerosotan daya tampung, daya dukung, dan kelangkaan sumber daya alam, serta mengatasi bencana lingkungan.

LANDASAN HUKUM

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sragen diatur dalam Peraturan Daerah Nomor 5 tahun 2016 tentang Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Teknis Daerah Kabupaten Sragen. Sesuai dengan Peraturan Bupati Sragen nomor 96 tahun 2016 Dinas Lingkungan Hidup terdiri dari 3 Bidang dan 1 Sekretariat.

TUGAS DAN FUNGSI

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sragen dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah.  Penjabaran Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sragen diatur dalam Peraturan Bupati Sragen Nomor 87 Tahun 2016. Dinas Lingkungan Hidup menyelenggarakan pelaksanaan  fungsi Pemerintah Daerah di bidang Lingkungan Hidup dan Kebersihan yang meliputi Perlindungan Lingkungan Hidup, Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Pengelolaan Sampah.

Dalam menyelenggarakan fungsinya Dinas Lingkungan Hidup mempunyai tugas

  1. Melaksanakan penyusunan kebijakan teknis dan program kerja Dinas Lingkungan Hidup;
  2. Melaksanakan pengelolaan administrasi di bidang lingkungan hidup;
  3. Mengesahkan rekomendasi dokumen Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) , Upaya Pengelolaan Lingkungan – Upaya Pemantauan Lingkungan (UKL-UPL) dan Surat Pernyataan Pengelolaan Lingkungan (SPPL);
  4. Mengadakan pembinaan dan pengarahan kepada staf;
  5. Melaksanakan pelaporan di bidang lingkungan hidup;
  6. Melaksanakan koordinasi penyelenggaran audit lingkungan;
  7. Memberi saran dan pertimbangan kepada Bupati dalam bidang lingkungan hidup;
  8. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

Djas&Hrn

Business and science arbeitet nur mit zuverlssigen https://essayprofs.com/ fachexpertenzusammen, die zu einer hochwertigen arbeit beitragen.